Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Wabup Rohul H.Indra Gunawan Dan Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST Ditabalkan Gelar Adat

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (14/12/2021)

Rokan Hulu-Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu memberikan penabalan gelar kepada Wakil Bupati dan Ketua DPRD beserta Wakil Ketua (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bertempat di Lembaga LAMR Rokan Hulu, Komplek Pemda Pasir Pengaraian Senin (13/12/2021) sekira pukul 14.00 WIB,

Penabalan gelar kepada Wakil Bupati Rohul, H Indra Gunawan dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Dandim 0313 KPR Letkol INF Leo Oktavianus M Sinaga S.Sos, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra ST, Kajari Rohul Pri Wijeksono SH MH, Waka Polres Rohul Kompol Adi Prabowo SH SIK MH serta Ketua DPH LAMR Rohul Datuk Seri H Zulyadaini. 

Dalam penabalan gelar, Wakil Bupati Rokan Hulu H Indra Gunawan mendapat gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Setia Nuguay, sedangkan Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra diberi gelar Datuk Setia Mufakat Panglimo Mudo. 

Sedangkan tiga Wakil Ketua DPRD Rohul lainnya, Nono Patria Pratama mendapat gelar Datuk Timbalan Mufakat Sindoro Paduko amanah, Hardi Chandra dengan gelar, Datuk Timbalan Setia Sindoro Mudo Julang Amanah dan Andrizal dengan gelar Datuk Timbalan Setia Mufakat Panglimo Alim.

Diakui Wabup, Gelar ini merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh masyarakat melalui LAM Rokan Hulu, dengan demikian gelar ini juga sebagai pengakuan dari masyarakat dalam istilah melayu “dituakan selangkah dan ditinggikan seranting”. 

Gelar ini kami terima dengan senang hati, ibarat pepatah melayu, kurang telapak tangan biru (penampi) kami tampungkan, atas penghormatan yang tinggi tersebut, saya baik atas nama pribadi dan keluarga akan berusaha sekuat tenaga, pikiran dan waktu untuk mengemban amanah ini, dalam rangka memajukan masyarakat adat di negeri seribu suluk, kita akan seiring dan sejalan, sedayung dan segalah, seirama dan senada, memajukan Rokan Hulu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," Kata Wabup dihadapan tokoh adat waktu itu. 

Lanjut Wabup, pemberian gelar adat ini, bermakna seperti di do'akan oleh masyarakat Rokan Hulu agar setia dan amanah dalam memimpin negeri yang religius ini.

"Semoga kami dapat mengembangkan, melestarikan adat dan budaya melayu Rokan Hulu," Tambah Wabup. 

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dalam kata sambutannya mengatakan mengucapkan selamat atas gelar yang diberikan LAMR Rohul kepada Wakil Bupati dan Ketua beserta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu.

"Semoga Acara ini tidak hanya sebatas seremonial semata, melainkan memberikan tanggung jawab kepada yang mendapatkan gelar sekaligus dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan pembangunan kemajuan Kabupaten Rokan Hulu, seperti yang kita harapkan," Kata Bupati.

Lanjut Bupati, pada prinsipnya gelar yang diberikan merupakan harapan dari masyarakat melalui Lembaga Adat Rokan Hulu, oleh karena itu, kita harus menjaganya. 

"Karena Gelar yang diberikan terkandung harapan dan impian masyarakat untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat" Harap Bupati.


 (Galery Pemkab Rohul) wartawan/shr

0 Comments