Banjir Meluas hingga 11 Kecamatan, Pemkab Aceh Utara Siapkan Status Tanggap Darurat

Media Swara Semesta (3/1/2022)

Banjir akibat curah hujan tinggi di Kabupaten Aceh Utara terus meluas. Hingga Minggu (2/1/2022), tercatat ada 11 kecamatan yang terendam. 

Dari 11 kecamatan yang terendam banjir, kondisi terparah melanda empat kecamatan di antaranya Lhoksukon, Matangkuli, Pirak Timu, dan Langkahan.

Selain merendam ribuan rumah warga, banjir juga menggenangi kantor Polsek Lhoksukon dan kantor pemerintah, serta jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh.

Akibatnya aktivitas pengguna jalan terganggu dan membahayakan bagi pengendara roda menerobos arus banjir yang deras.

Sejumlah anggota Polres Aceh Utara pun bersiaga mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Asisten II Pemkab Aceh Utara, Risawan Bentara mengatakan, banjir yang sebelumnya merendam 9 kecamatan, kini meluas ke-11 kecamatan. “Pemerintah daerah akan menggelar rapat untuk menentukan status darurat bencana,” katanya.

Soal penanganan bencana banjir langganan setiap tahun, Risawan berdalih soal tanggap mencegah banjir Aceh Utara, aliran sungai kewenangan provinsi.

Kapolsek Lhoksukon, Iptu Samsul mengatakan, banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Krueng Peutoe menyebabkan kantor polsek sejak pagi terendam.

“Kami telah memindahkan barang-barang invetaris kantor agar tidak terendam air,” ucapnya.

Banjir yang sudah terjadi sejak 31 Desember 202 lalu itu memaksa sebagian warga yang rumahnya terendam mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan tempat ibadah.

Selain di Aceh Utara, banjir juga merendam tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang. Ketinggian air di rumah-rumah warga terpantau mencapai satu meter. Kondisi itu membuat warga sebagian mengungsi dan menyelamatkan barang-barang berharga.

Warga Desa Pengidam Aceh Tamiang, Dara mengungkapkan, banjir mulai merendam desanya dini hari menyusul hujan deras semalaman.

"Ya, dari tadi pagi air sudah naik," ucapnya.


(redaksi)

Banjir Meluas hingga 11 Kecamatan, Pemkab Aceh Utara Siapkan Status Tanggap Darurat Banjir Meluas hingga 11 Kecamatan, Pemkab Aceh Utara Siapkan Status Tanggap Darurat Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 2.1.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.