Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Mulai Usai Isya Selesai Langsung Sahur

Media Swara Semesta (10/4/2022)

Salat tarawih di masjid yang berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Desa Temboro, Kabupaten Magetan tengah jadi perhatian setiap bulan Ramadhan. Ibadah salat tarawih di ponpes itu disebut terlama dengan durasi 8 jam karena bacaannya 30 juz Alquran khatam dalam satu malam.

Salat tarawih sudah jadi tradisi dilakukan ratusan santri dan ustaz di Ponpes Al-Fatah. Namun, untuk salat tarawih 30 juz, pelaksanaanya pun tak dilakukan dalam satu masjid saja. Pelaksanaannya terbagi menjadi beberapa majelis yang tersebar di sejumlah masjid di dalam ponpes setempat.

Pengurus Ponpes Al Fatah Temboro, Ustaz Barrlei Musaddad, menjelaskan salat tarawih ini sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir.

“Cuman awal-awalnya itu hanya para ustaz senior bersama beberapa santrinya, yang diam-diam membuat jemaah tarawih. Dengan bacaan sampai dengan 30 juz dan selesainya itu menjelang sahur dan waktu itu belum ada peminatnya," tutur Ustaz Barrlei dikuitip, Minggu, 10 April 2022.

seiring waktu berjalan, jemaah tarawih 30 juz tersebut bertambah banyak dan mulai banyak pengikut. Bahkan, kata dia, sudah ada 10 majelis salat tarawih.

“Sampai tahun ini sudah ada 10 kelompok yang melaksanakan tarawih 30 juz, tempatnya di beberapa masjid dalam pondok. Ada juga di masjid lingkungan masyarakat desa,” lanjut Barrlei.

Menurut dia, untuk imamnya wajib sudah hafiz Alquran. Begitu juga syarat imam yaitu bacaan serta tajwidnya juga di atas rata-rata. Tapi, menariknya dalam tarawih 30 juz ini imamnya ada 6 orang. Nah, masing-masing imam baca 5 juz. 

“Untuk semua imam di Ponpes Temboro ini, jelas melalui seleksi yang ketat. Wajib hafiz, bagus bacaannya, tajwidnya, khorijul huruf dan sifatul huruf semuanya," ujarnya. 

Dia menambahkan, untuk makmum yaitu santri bebas yang mengikuti tarawih. Maksudnya, boleh mengikuti sampai akhir rakaat atau putus di tengah juga dipersilakan. Jika jemaah santri ingin istirahat terlebih dulu dan melanjutkan lagi beberapa kemudian juga diperbolehkan.

Dia mengatakan, dalam salat tarawih sebanyak 23 rakaat yaitu 20 tarawih dan 3 witir yang dilakukan selama 8 jam. Dengan durasi itu dimulai setelah salat isya dan selesai sekitar pukul 03.30 WIB atau bisa langsung sahur. 

Salah seorang santri Ponpes Al Fatah, Ahmad Sa’at (20) mengaku bangga bisa menjadi salah seorang jemaah tarawih 30 juz. Bagi dia, hal ini karena hanya orang pilihan yang mampu melakukan tarawih selama 8 jam. Dia mengatakan sudah mengikuti tarawih 8 jam sejak Ramadhan tahun lalu.

“Saya bangga bisa ikut. Karena dari ribuan santri di ponpes ini hanya segelintir yang dipilih Allah untuk ikut tarawih yang 30 juz," tutur Ahmad.


(redaksi)

Editor: annisa

Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Mulai Usai Isya Selesai Langsung Sahur Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Mulai Usai Isya Selesai Langsung Sahur Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 10.4.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.