Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Proses Belajar Mengajar Terhambat, Banyak Sekolah di Kecamatan Tanjung Beringin Sergai Kebanjiran

Responsive Ad Here






Media Swara Semesta (23/11/2022)

SERGAI - Selama lima hari sudah ribuan rumah warga terendam banjir dibeberapa desa yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), hingga kini belum juga terlihat surut.


Selain itu, fasilitas pemerintahan seperti perkantoran dan beberapa sekolah di Kecamatan Tanjung Beringin juga tergenang air, sehingga proses belajar dan mengajar di sekolah terganggu.


Pantauan media ini di lokasi, Selasa (22/11/2022) ada beberapa sekolah di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai yang tergenang air akibat banjir diantaranya, Sekolah Dasar (SD) Negeri 102050 Tanjung Beringin, SD Negeri 102049 Tanjung Beringin, SD 102048 Tanjung Beringin, SD Negeri 106217 Lorong Amaliun dan SD Negeri 104307 Bunga Tanjung.


Selain sekolah negeri, banjir juga melanda sekolah - sekolah swasta yaitu, SD dan SMP Swasta Dewi Sartika, SMP Swasta Pancasila, Madrasah Aliyah Swasta Al - Washliyah, MTS Al - Washliyah dan MIS Al - Washliyah Tanjung Beringin.


Sepuluh sekolah SD Negeri dan Swasta tersebut semuanya berada di Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin. Sedangkan SD Negeri 102052 Desa Bagan Kuala yang merupakan berada di daerah pesisir pantai itu hanya terendam di saat air pasang laut naik.


Ketika wartawan mengkonfirmasi Ustadz Mahdar Suryani, S. Ag Kepala SD Negeri 106217 Lorong Amaliun yang pekarangan sekolahnya terendam banjir mengatakan, sudah tiga hari ini sekolah terendam banjir.


Untuk saat ini katanya, ruangan belajar yang tidak terendam air tetap dilaksanakan proses belajar mengajar dan siswa tetap diberikan tugas, dan untuk siswa yang ruangannya tergenang air sementara waktu ini dilakukan pembelajaran secara daring sampai menunggu banjir di sekolah surut.


"Guru - guru baik itu honor maupun ASN tetap hadir di sekolah. Kita juga tidak berani untuk meliburkan karena tidak ada perintah," ujarnya.


Hal yang sama juga disampaikan Lela Hermayanti Lubis, S. Pd Kepala SD Negeri 102049 Desa Pekan Tanjung Beringin yang ruangan dan halaman sekolahnya terendam banjir hampir setinggi betis orang dewasa.


Ia menuturkan, sudah tiga hari sekolah kami tergenang air dan kita masih bingung untuk melaksanakan proses belajar mengajar karena tinggi air hampir sebetis orang dewasa.


"Kami terpaksa menyuruh siswa untuk pulang takut nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, apalagi jika terlalu lama terendam air kita takut siswa jadi sakit. Namun begitu kami para guru tetap hadir di sekolah dan memberi tugas kepada siswa untuk belajar secara daring dari rumah," ungkap Lela.


Banyaknya fasilitas pemerintahan maupun umum yang dilanda banjir mengakibatkan terhambatnya aktivitas masyarakat sehari - hari, seperti sekolah dan jalan yang tergenang banjir membuat masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin sulit melintas untuk menuju Kecamatan Sei Rampah.


Dengan kondisi banjir yang melanda beberapa kecamatan di Serdang Bedagai saat ini, masyarakat berharap kepada pemerintah kiranya dapat mengatasi banjir tahunan yang melanda Kecamatan Tanjung Beringin. (Red)

0 Comments