LSM SWARA SEMESTA KEADILAN


Susunan Kepengurusan
Pembina : Mayjend TNI (Purn) M.Nizam

Pendiri       : Muhammad Adlin
Penasehat  : Paris Sitohang, SH

Ketua  Umum    : Muhammad Adlin
Ketua LSM         : Dirsyam Mahmuda

Wakil Ketua  :  Subhan

Sekretaris  Umum : Annisa Khaq
Wkl. Sekretaris : Ahmad Da'im


Bendahara Umum  : Asni

KORWILSU 1 : Patulus Lumbantoruan,SmHK


Divisi Investigasi
Ahmad Da'im, Patulus Lumbantoruan SmHK

Devisi Pengembangan Lembaga dan SDM
Indra Jaya, Subhan, Supra Yudi, M.Iqbal

Devisi Litbang dan Strategi
-

Humas/Juru bicara LSM Swara Semesta Keadilan : Dirsyam Mahmuda

Devisi Hukum
M.Idris Siregar, SH


DPD  Kabupaten Serdang Bedagei
Ketua  : Nazlan
Sekretaris  : -
Bendahara : -
Anggota:

Ketua DPW-Riau : Ahmad Jubaidi, SPd
DPW DKI Jakarta : M. Taufiq, SE
DPW Bekasi          : M. Rachmat, ST

DPD Konawe Utara
Ketua   : tidak diperpanjang
Sekretaris : -
Bendahara : -

DPD Tapanuli Selatan:
Ketua.  :  Tidak diperpanjang
Wkl. Ketua :  -
Sekretaris  :  -
Bendahara : -

DPD Rokan Hulu:
Ketua.  :  Saharuddin
Wkl. Ketua :  -
Sekretaris  : -
Bendahara : Saharuddin

Berikut ini adalah beberapa fungsi lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia:
  1. Sebagai wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang kerap kali tidak diperhatikan oleh pemerintah.
  2. Senantiasa ikut menumbuhkembangkan jiwa dan semangat serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan, ini merupakan salah satu fungsi utama dari pembentukan lembaga swadaya masyarakat itu sendiri.
  3. Ikut melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan tidak hanya pada saat itu juga. Dalam hal ini LSM harus memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan.
  4. LSM juga harus ikut aktif dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat bukan sebaliknya justru membuat keadaan menjadi semakin kacau dengan adanya isu-isu palsu yang meresahkan masyarakat.
  5. Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah penyalur aspirasi atas hak dan kewajiban warga negara dan kegiatan dari masyarakat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Lembaga swadaya masyarakat.
  6. Lembaga swadaya masyarakat juga harus ikut menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam hal ini sangatlah penting karena jika anggota dalam lembaga swadaya masyarakat tidak memiliki potensi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan menjadikan LSM seperti halnya mayat hidup, yang ada keberadaannya namun tidak memiliki nyawa di dalamnya.
  7. Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah yang ikut aktif dalam perannya mensukseskan pembangunan bangsa dan negara. Serta dalam hal ini ikut menjaga kedaulatan negara serta menjaga ketertiban sosial.
  8. Sebagai salah satu cara bagi masyarakat untuk memberikan asiprasinya, kemudian aspirasi ini ditampung oleh lembaga swadaya masyarakat sesuai dengan tujuan LSM itu sendiri dan kemudian akan disalurkan kepada lembaga politik yang bersangkutan guna mencapai keseimbangan komunikasi yang baik antara masyarakat dan pemerintahan seperti politik luar negeri Indonesia
LSM SWARA SEMESTA KEADILAN LSM SWARA SEMESTA KEADILAN Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 23.4.20 Rating: 5

1 komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.