Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Donald Trump Kecam Bank Dunia Atas Pemberian Pinjaman Ke China,Ada Apa dengan AS dan China?

Responsive Ad Here



Jakarta. Media SwaraSemesta.com(8/12)-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengecam Bank Dunia. Kecaman ia berikan terkait kebijakan Bank Dunia yang masih menggelontorkan pinjaman bagi China. 

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Mungkinkah ini? China punya banyak uang, dan jika tidak, mereka yang membuatnya. BERHENTI!" kata Trump seperti dikutip dari AFP, Sabtu (7/12).

Selain mengecam, Trump juga menegaskan kembali posisi yang telah lama dipegang pemerintahannya, termasuk David Malpass sebelum diangkat menjadi presiden Bank Dunia. Sebagai informasi, sebelum diangkat menjadi presiden Bank Dunia, Malpass merupakan seorang pejabat Departemen Keuangan AS.

Kecaman terhadap kebijakan Bank Dunia tidak hanya dilakukan Trump secara langsung. Melalui Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, Trump juga mengatakan kepada komite Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis lalu bahwa AS  keberatan dengan program pinjaman dan proyek tahun jamak untuk China.

Direktur Negara Bank Dunia untuk China Martin Raiser mengatakan pihaknya akan selektif dalam berhubungan dengan China. Atas dasar kebijakan itu,  pihaknya memang berencana mengurangi pinjamannya ke China.

"Ini mencerminkan evolusi hubungan kami dengan China. Hubungan kami akan semakin selektif," katanya.

Meskipun demikian, kebijakan tersebut belum memuaskan bagi Washington. Mereka berpendapat ekonomi negara terbesar kedua di dunia itu cukup kaya untuk membiayai dirinya sendiri.

Mereka juga  menganggap China tidak bergantung pada pinjaman dari Bank Dunia. Keberadaan Bank Dunia seharusnya menjadi sumber daya keuangan bagi negara  miskin.(Cvn)

0 Comments