Camat Dolok Merawan Muhammad Fahmi.S.STP, M.AP Himbau Kepala Desa Bandarawan Tingkatkan Kreatifitas agar Ciptakan BUMDes Berkualitas.


Media Swara Semesta (24/7)
Camat Dolok Merawan Muhammad Fahmi.S.STP, M.AP dalam acara penyerahan sertifikat pelatihan merangkai papan bunga Jum'at, 24 Juli 2020 di desa Bandarawan menghimbau Kepala Desa Bandarawan untuk meningkatkan Kreatifitas seni peserta latihan sehingga di desa ini  berdiri BUMDes yang berkualitas.

Mengelola Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes tentu memiliki tujuan, salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatnya perekonomian. Pengelolaan BUMDes yang tepat akan memberi banyak keuntungan dari tercapainya tujuan berdirinya BUMDes, dan keuntungan yang akan didapatkan adalah meningkatnya pendapatan desa ungkap Camat Dolok Merawan.


Dengan kreasi seperti ini jika menjadi nilai jual bagi BUMDES maka pendapatan desa dari hasil usaha BUMDES sangat penting, karena dengan pendapatan tersebut desa akan memiliki kemudahan dana dalam melakukan pembangunan tanpa bergantung dari pendanaan pemerintah di atasnya atau pemerintah daerah dan pusat. Sehingga desa dapat mandiri dalam pendanaan, ucap Muhammad Fahmi.

"Selain keuntungan secara langsung dalam bentuk pendapatan desa, BUMDES juga memberikan keuntungan bagi masyarakat desa pada umumnya yaitu terbantunya masyarakat desa untuk berinovasi, menciptakan produk, mengangkat potensi desa, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi lebih produktif, hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap meningkatnya perekonomian masyarakat", lanjutnya



Keterlibatan masyarakat secara antusias menyambut pelatihan yang bernilai ekonomi seperti pelatihan merangkai papan bunga ini saya menjamin adanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha BUMDES yang pada akhirnya mengurangi angka pengangguran, masyarakat dapat bekerja dan mendapatkan pendapatan tetap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau bahkan memiliki tabungan lebih untuk masa mendatang, tegasnya.

Memang begitu penting keberadaan BUMDES, dengan berbagai keuntungan yang akan didapatkan baik oleh desa secara khusus dan masyarakat desa pada umumnya. Sehingga pengelolaan BUMDES yang tepat adalah wajib hukumnya, BUMDES harus dikelola dengan cara yang tepat dan profesional sehingga benar=benar dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi desa dan masyarakat, tutupnya 


Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Bandarawan Suhariyanto, SP mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga acara pelatihan yang dilakukan dapat berjalan lancar, tertib dan aman serta dengan hasil yang sangat memuaskan bagi saya.

"Selanjutnya ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada peserta latihan dan gurunya karena sejauh pantauan yang saya lihat, hubungan harmonis antara guru dan peserta latihan sangat antusias dalam proses belajar dan mengajar sehingga dalam  waktu yang padat peserta latihan mampu menguasai pengetahuan tentang merangkai papan bunga bahkan langsung berkreasi dalam seni rangkaian", pujinya.


Acara diakhiri dengan eksis berswafoto bersama camat, kades beserta peserta latihan.
Kenangan itu adalah suatu keindahan, dan keindahan merupakan bagian kenangan yang tak boleh terlupakan, semoga kelak tercipta BUMDES Desa Bandarawan yang berkualitas sebagaimana harapan Camat Dolok Merawan.


Wartawan : Ahmad Da'im/A'An Semesta
Camat Dolok Merawan Muhammad Fahmi.S.STP, M.AP Himbau Kepala Desa Bandarawan Tingkatkan Kreatifitas agar Ciptakan BUMDes Berkualitas. Camat Dolok Merawan Muhammad Fahmi.S.STP, M.AP Himbau Kepala Desa Bandarawan Tingkatkan Kreatifitas agar Ciptakan BUMDes Berkualitas. Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 24.7.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.