Kritik dan Saran Buat Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai Dalam Kinerjanya di bidang Pengawasan.


Media Swara Semesta (7/8)
Serdang Bedagai
Sebagai kontrol sosial yang memegang amanat undang-undang nomor 40 tahun 1999 kami merasa perlu untuk mengkritik kinerja inspektorat kabupaten Serdang Bedagai yang diduga semakin melemah pengawasan terhadap pergerakan arus pembangunan di pemerintahan kabupaten Serdang Bedagai terutama di desa-desa.

Melemahnya pengawasan dimaksud ditandai dengan  beberapa surat dari LSM Swara Semesta Keadilan yang masuk ke institusi ini, sampai saat ini diduga masih jalan ditempat dan hal itu terbukti ketika dipertanyakan saat kunjungan kerja Media Swara Semesta ke instansi Pemerintahan inspektorat kabupaten Serdang Bedagai, Kamis, 6 Agustus 2020.

Dalam kunjungan kerja tersebut, sekretaris inspektorat kabupaten Serdang Bedagai yang menerima konfirmasi dari awak Media Swara Semesta mengatakan tentang kondisi yang ada saat ini boleh dikatakan terlalu banyaknya volume pekerjaan  sementara jumlah personil tim sangat terbatas, ditambah lagi yang menangani pemeriksaan merangkap tugas sebagai pembinaan sehingga surat-surat yang telah didisposisikan oleh inspektur masih menumpuk di mejanya, ungkap Ricat.

Selanjutnya pengaduan yang masuk tidak mungkin semuanya harus ditindak lanjuti, nah,, disinilah kita harus selektif untuk memilah-milah pengaduan tersebut, apakah sudah memenuhi unsur 5W_1H sehingga pengaduan itu tidak bias, ucapnya.

Menurut Ricat, walaupun kondisi volume pekerjaan yang begitu padat namun semua bentuk pengaduan dapat ditangani dengan baik, hanya saja proses waktu ucapnya.


Disisi lain Dirsyam Mahmuda selaku Humas LSM Swara Semesta Keadilan menilai dan menyarankan kepada pemerintah kabupaten Serdang Bedagai, seharusnya pengawasan merupakan unsur penting dalam proses manajemen pemerintahan, pengawasan memiliki peran yang sangat strategis untuk terwujutnya akuntabilitas publik dalam pemerintahan.

Melakukan pembangunan melalui suatu kebijakan pengawasan yang komprehensif yang saat ini dianggap lemah dan memiliki kendala terutama dibidang kontrol pengawasan yang seharusnya dapat ditingkatkan kapasitasnya, dalam hal ini Inspektorat seharusnya dapat memainkan peran yang sangat penting untuk kemajuan dan keberhasilan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan.

"Untuk mencapai tujuan dan sasaran kearah tersebut maka diharapkan agar Inspektorat kabupaten Serdang Bedagai menjadi pilar yang mempunyai tugas sebagai pengawas sekaligus pengawal dalam pelaksanaan program pemerintah daerah yang tertata di APBD sehingga mampu menunjang pelaksanaan tugas dalam melakukan fungsi pengawasan secara maksimal".

Dirsyam Mahmuda menambahkan keritiknya terhadap institusi ini demi untuk wibawa pemerintah daerah kabupaten Serdang Bedagai kiranya kinerja Inspektorat dalam melakukan fungsi pengawasan di Kabupaten Serdang Bedagai harus berjalan efektif Independensinya sehingga mampu menekan riak-riak kecil dihilir, tutupnya.


 Wartawan/jurnalis : A'An Semesta
Kritik dan Saran Buat Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai Dalam Kinerjanya di bidang Pengawasan. Kritik dan Saran Buat Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai Dalam Kinerjanya di bidang Pengawasan. Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 6.8.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.