Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Meluap Menggerus Pondasi Jembatan, Masyarakat Minta Bupati Tinjau Bantaran Sungai Sekitar Jembatan.

Media Swara Semesta (4/9)

Naga Kesiangan, Serdang Bedagai.

Intensitas hujan cukup tinggi dihulu sungai Bahbolon Kamis malam 3 September 2020 sehingga volume air sungai meluap dan menerjang bantaran sungai sekitar jembatan baru Desa Naga Kesiangan.

Masyarakat merasa resah dengan kondisi alam yang sedemikian rupa hingga bantaran sekitar pondasi tergerus air, dan keadaan ini perlu mendapatkan perhatian yang serius dari kepala daerah kabupaten Serdang Bedagai untuk meninjau keadaan tersebut.

Perlu diketahui bahwa jembatan Desa Naga Kesiangan merupakan akses penting bagi warga masyarakatnya, yang dibangun oleh Pemkab Serdang Bedagai diakhir tahun 2019  dengan pagu anggaran hampir mencapai 5 milyaran rupiah, bahkan selama ini sudah banyak faktor yang mengancam ketahanan kekuatan jembatan tersebut, ungkap Dirsyam Mahmuda tokoh pemuda Dusun I Desa Naga Kesiangan sekaligus kontrol sosial dari LSM Swara Semesta Keadilan.

Dirsyam menjelaskan beberapa faktor yang selama ini mengancam kekuatan jembatan tersebut, antara lain seringnya kendaraan over kapasitas melintasi jembatan walaupun sudah dipasang rambu-rambu kapasitas maksimal 8 ton oleh Dishub Serdang Bedagai, namun masih saja ada yang melanggar dan hal ini perlu pembuatan portal serta razia secara berkala oleh pihak Dishub Sergai.

Faktor alam seperti curah hujan yang tinggi disertai banjir juga mempengaruhi kekuatan jembatan yang bisa menggerus pondasi jembatan, dan hal ini membutuhkan adanya beronjong minimal sekitar 25 mtr sepanjang kiri dan kanan pondasi yang sering dihantam oleh derasnya air, lanjut Dirsyam

Bahkan warga masyarakat yang berdomisili disekitar jembatan mengeluh atas bangunan yang dibuatnya hancur berantakan sekitar pondasi jembatan akibat digerus derasnya air yang terjadi pada Jumat 4 September 2020 sekitar jam 06.10 wib.

Atas keadaan banjir yang sering terjadi serta mencemaskan keadaan jembatan kedepannya, masyarakat dusun I berharap kepala daerah Kabupaten Serdang Bedagai beserta kepala dinas terkait seperti BPBD, PUPR untuk dapat.meninjau keadaan dan mengambil langkah solusi agar tidak lebih fatal lagi terhadap jembatan tersebut kedepannya.

Wartawan :A'An Semesta

Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Meluap Menggerus Pondasi Jembatan, Masyarakat Minta Bupati Tinjau Bantaran Sungai Sekitar Jembatan. Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Meluap Menggerus Pondasi Jembatan, Masyarakat Minta Bupati Tinjau Bantaran Sungai Sekitar Jembatan. Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 4.9.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.