Tanggul Sungai Belawan Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir 3 Meter

Media Swara Semesta (4/12/2020),

Curah hujan yang tinggi, tanggul Sungai Belawan akhirnya jebol sehingga menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir hingga 3 meter di Komplek Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (4/12/2020) dini hari. 

“Sementara belum ada info korban jiwa, katanya ketinggian air 2 meter. Saya dapatkan langsung dari tim 2-3 meter tinggi airnya. Saat ini warga semua mengungsi, masih proses evakuasi. Sudah ada yang naik ke atap. Sementara negatif korban jiwa,” jelas Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Medan, Hisar Turnip.

Hisar menjelaskan penyebab banjir ini karena tanggul yang jebol di Sungai Tanjung Selamat aliran Sungai Belawan.

“Ini akibat tanggul jebol di Sungai Belawan alirannya. Dua tahun lalu udah pernah jebol cuma ini beda karena setiap telfon itu seluruh yang kena dampak itu minta tolong,” ungkapnya.

Ia juga memperkirakan ada total 500 keluarga yang terkena bencana ini. Hisar pun tidak berhenti selama satu jam yang lalu ditelepon dari pihak keluarga beberapa kalangan bahkan sampai yang berada dari luar Medan.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan warga yang ada terdampak banjir langsung, Revina menyebut banjir sudah mencapai atap rumah lantai satu.

“Rumah yang lantai satu sudah tenggelam semuanya tinggal atapnya saja. Air mulai masuk dari jam 00.00 WIB,” katanya saat ditelpon, Jumat (4/12/2020).

Selain itu, lanjut Revina, tanggul jebol hingga menyebabkan musibah sebesar ini terakhir terjadi sekitar 7- 8 tahun lalu. Adapun Basarnas yang coba untuk memberikan bantuan pertama dengan perahu, dikabarkan hanyut.

“Sudah ada tim basarnas ke sini. Tetapi dua perahu hanyut ke Sungai dan yang bisa masuk cuma satu. Kalau korban jiwa belum bisa dipastikan. Ini listrik kami pun mati makanya menyelamatkan diri masing-masing,” tandasnya.


(dgr/an)

Tanggul Sungai Belawan Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir 3 Meter Tanggul Sungai Belawan Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir 3 Meter Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 3.12.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.