Nakes di Sumut Tunda Vaksin, Edy Rahmayadi: Nanti Kita Panggil

Media Swara Semesta (4/2/2021)

Vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Sumatra Utara terus belangsung. Sejauh ini, setidaknya empat daerah sudah melakukan vaksinasi, yakni Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deliserdang dan Simalungun.

Total sasaran vaksinasi di empat daerah tersebut sebanyak 29.400 nakes. Namun baru 11.064 orang atau 37,6 persen yang sudah menjalani vaksinasi tahap pertama.

Sisanya 18.336 orang belum menjalani vaksinasi. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 25 persen atau sekira 4.584 nakes yang belum divaksin karena menolak.

"Yang masih menolak kami sudah komunikasikan," ujar Gubernur Sumut Edy Rahyamadi, Rabu (3/2/2021).

Dia menjelaskan, sebenarnya bukan penolakan, namun ada penundaan atau pertimbangan dari nakes yang belum vaksinasi.

"Sekitar 25 persen dari 60 persen yang masih antara mau, nanti, menunda. Padahal dia tenaga kesehatan yang setiap saat tidak bisa mengelak pasien Covid-19," katanya.

Menurutnya, vaksinasi terhadap nakes merupakan prioritas utama. Sebab mereka memiliki potensi yang sangat besar terpapar Covid-19 dalam merawat pasien dengan berbagai macam penyakit.

"Tenaga kesehatan nanti kita panggil. Ini sudah instruksi dan kondisi darurat," ujar Edy.

Diketahui, vaksinasi dilakukan di 703 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Medan, Binjai, Kabupaten Deliserdang dan Simalungun. Prosesnya dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan faskes daerah.

Bagi tenaga kesehatan yang belum disuntik vaksin akan dipanggil dan diberi vaksinasi. Baik di kantor tempat mereka bekerja atau dengan vaksinasi massal.



(ins/an)

Nakes di Sumut Tunda Vaksin, Edy Rahmayadi: Nanti Kita Panggil Nakes di Sumut Tunda Vaksin, Edy Rahmayadi: Nanti Kita Panggil Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 3.2.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.