Sadis dan Kejam! Militer Myanmar Bantai dan Bakar 30 Warga Sipil, Ada Perempuan dan Anak-Anak

 Media Swara Semesta (26/12/2021)

Lebih dari 30 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dan tubuh mereka dibakar di Negara Bagian Kayah, Myanmar, Jumat (24/12/2021). Tragedi mengerikan itu diungkapkan oleh penduduk, laporan media lokal, dan kelompok hak asasi manusia (HAM) setempat.

Negara Bagian Kayah saat ini dilanda konflik antara kelompok milisi lokal dan tentara Myanmar. Kelompok HAM Karenni mengungkapkan, mereka menemukan mayat orang-orang telantar yang terbakar, termasuk orang tua, perempuan, dan anak-anak di dekat Desa Mo So, Kota Hpruso, Sabtu (25/12/2021). Semua korban itu dibunuh oleh pasukan militer yang memerintah Myanmar.

“Kami sangat mengecam pembunuhan tidak manusiawi dan brutal yang melanggar HAM,” ungkap kelompok itu dalam sebuah unggahan di Facebook.

Militer Myanmar sebelumnya mengklaim telah menembak dan membunuh sejumlah orang yang mereka cap sebagai “teroris bersenjata” di desa itu. Orang-orang yang dibunuh itu berada di tujuh kendaraan dan menolak saat diminta berhenti oleh tentara, kata media yang berafiliasi ke junta militer Myanmar.

Sayangnya, saat hendak dimintai komentar oleh Reuters, militer Myanmar belum dapat dihubungi.

Foto-foto yang dibagikan oleh kelompok HAM dan media lokal menunjukkan jasad-jasad yang hangus di truk yang terbakar.

Pasukan Pertahanan Nasional Karenni salah satu dari beberapa milisi sipil terbesar yang menentang junta militer yang memimpin kudeta 1 Februari di Myanmar mengatakan bahwa para korban tewas bukanlah anggota mereka melainkan warga sipil yang mencari perlindungan dari konflik.

“Kami sangat terkejut melihat semua mayat dengan ukuran berbeda, termasuk anak-anak, perempuan dan orang tua,” kata seorang komandan Pasukan Pertahanan Nasional Karenni kepada Reuters, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.


(redaksi)

Sadis dan Kejam! Militer Myanmar Bantai dan Bakar 30 Warga Sipil, Ada Perempuan dan Anak-Anak Sadis dan Kejam! Militer Myanmar Bantai dan Bakar 30 Warga Sipil, Ada Perempuan dan Anak-Anak Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 25.12.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.