Pertamax Bakal Naik Jadi Rp16.000 per Liter, Ini Penjelasan Pertamina

Media Swara Semesta(28/3/2022)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga keekonomian BBM RON 92 atau Pertamax saat ini sebesar Rp16.000 per liter. Harga tersebut menyesuaikan harga minyak dunia yang masih tinggi.

Ditetapkannya nilai keekonomian ini seolah menjadi sinyal kuat harga Pertamax harus dinaikkan. Mengenai hal itu, apa penjelasan Pertamina?

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, Pertamina saat ini masih berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai keputusan tersebut.

"Sedang kami koordinasikan dengan stakeholder terkait untuk penyesuaian harga Pertamax," kata dia, Senin (28/3/2022).

Irto pun tidak bisa memperkirakan kapan pembahasan tersebut selesai. Namun menurut dia, alam menentukan perubahan harga BBM, Pertamina harus melakukan diskusi dan pertimbangan dengan kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan lainnya.

Di sisi lain, desakan agar harga Pertamax dinaikkan semakin menggema. Pemerintah dinilai harus segera menaikkan harga BBM RON 92 milik Pertamina agar beban APBN tidak semakin berat dan kinerja keuangan perusahaan juga akan tertekan.

"Saya kira tidak ada cara lain selain melakukan penyesuaian harga untuk BBM umum mereka terutama untuk Pertamax," ujar Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, beberapa waktu lalu.


(Redaksi)

Editor: annisa

Pertamax Bakal Naik Jadi Rp16.000 per Liter, Ini Penjelasan Pertamina Pertamax Bakal Naik Jadi Rp16.000 per Liter, Ini Penjelasan Pertamina Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 27.3.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.