Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Desa Simalas Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai, digegerkan karena Penggantian Kepala Dusun secara sepihak

Responsive Ad Here

 


Media Swara Semesta (19/5/2022)

Kepala desa terpilih desa Simalas kecamatan Sipispis kabupaten Serdang Bedagai telah menggegerkan masyarakat dengan kewenangannya mengangkat dan memberhentikan kepala dusun tanpa mekanisme peraturan yang berlaku.

Terbukti dengan surat keputusan yang ditandatanganinya pada tanggal 18 Mei 2022 kades Simalas Ardiaman Damanik telah memberhentikan Syahrudin Purba dari jabatannya sebagai kepala dusun dan menggantikannya dengan Sumanto sebagaimana Surat Keputusan tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Dusun VI Tanjung Padang.

Ketika dikonfirmasi, Camat Sipispis  Muhammad Hidayat Tambunan SE via WhatsApp, Rabu (18/5/2022) jam 21.33 wib mengatakan dengan singkat bahwa hal itu "belum" dikonsultasikan kepadanya.

Menurut keterangan salah seorang kepala dusun yang tak mau disebut namanya mengatakan, walaupun semua ini adalah kewenangan kepala desa, akan tetapi untuk pemberhentian ini apakah sudah dikonsultasikan kepada camat, katanya

Menurut ketentuan ayat (3) huruf b Pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat "Desa Kepala Desa memberhentikan perangkat Desa setelah berkonsultasi dengan camat", sebab menurut informasinya semua kepala dusun yang lama diganti oleh kades terpilih hasil Pilkades 31 Maret 2022.

Jika hal itu belum terpenuhi, maka secara sepihak Kepala Desa telah melanggar hak azasi kami sebagai kepala Dusun, karena kami mempunyai hak untuk bekerja dan mendapatkan penghidupan yang layak sesuai konstitusi, ucapnya.

Kami akan mempertanyakan hal ini kepada bapak Bupati Serdang Bedagai bahwa dalam persoalan ini telah terjadi kesewenangan dan menzolimi hak azasi kami yang telah mengabdi terhadap pemerintah Desa Simalas, tutupnya.

Dikutip dan diteruskan oleh Media Swara Semesta : Ahmad Da'im

#desasimalas #kecamatansipispis #indonesiasejahtera #camatsipispis #gambaranserdangbedagai #bupatidarmawijaya #Desabisa #kabupatenserdangbedagai #edy_rahmayadi #sumaterautara #kemendagri

0 Comments