Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

BIAN, dr. Sri Eva : Anak Sehat, Indonesia Kuat

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (17/6/2022)

Sergai - Pada tahun 2022 Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak.

Kepala Puskesmas Sialang Buah dr. Sri Eva Purba menjelaskan kepada wartawan, Jum'at (17/6/2022) bahwa berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi COVID-19. Terbanyak di Jawa Barat, disusul oleh Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Faktor yang mempengaruhi antara lain karena pembatasan kegiatan diluar rumah dan juga sebagian orang tua enggan untuk membawakan anaknya ke fasilitas kesehatan, yang disebabkan oleh ketakutannya pada penularan wabah Covid-19.

Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. 

pada saat BIAN Vaksin yang akan diberikan adalah Vaksin Campak-Rubela, Vaksin Polio (OPV dan IPV), dan Vaksin Pentavalent (DPT-HB-Hib). Semua vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi WHO dan izin edar dari Badan POM dan efektif untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Selanjutnya, dr. Sri Eva Purba menambahkan bahwa pelaksanaan BIAN bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi. "Semalam, pada Kamis 16 Juni 2022, kami tim Puskesmas Sialang Buah menggelar kegiatan BIAN kepada pelajar pada tiga desa di Kecamatan Teluk Mengkudu".

Kegiatan tersebut, dilaksanakan pada Desa Pematang Guntung, Sentang, dan Pematang Kuala. Untuk imunisasi dosis anak 9 bulan hingga 12 tahun, kepada anak TK Negeri Pembina, Paud Mutiara Bunda Desa Sentang, SMP Negeri 2 Teluk Mengkudu dan SDN 104292 serta SDN 107442 Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu.

Dalam kesempatan itu, dr. Sri Eva Purba mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan BIAN tahun 2022. "Ayo dukung Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional agar masyarakat khususnya anak - anak sehat, Indonesia kuat, menuju Serdang Bedagai Maju Terus", harapnya.(red)


0 Comments