Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Normalisasi Sungai Belutu dan Tanjung Beringin, Ketua TP. PKK Sumut Tanam Pohon Manggis di Bantaran Sungai

Responsive Ad Here

 


Media Swara Semesta (22/6/2022)

Sergai-Sungai Belutu dan Tanjung Beringin sepanjang lebih kurang 5 Km berhasil dinormalisasi oleh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H.Darma Wijaya dengan bergotongroyong bersama 20 perusahaaan yang ada di Sergai. Normalisasi ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Kegiatan normalisasi ini masih berlangsung dengan mempergunakan dana bersumber dari CSR (Corporate Social Responsibility). 


Disebutkan Bupati Darma Wijaya, pendangkalan (sindimentasi) Sungai Belutu ini bisa saja disebabkan banyak faktor, diantaranya sampah yang dibuang ke sungai dan bisa juga disebabkan abrasi tanah. Nah, pendangkalan Sungai Belutu ini berdampak terhadap masayarakat yang kerap mengalami kebanjiran tiap tahuna. Untuk itu lingkungan harus kita perhatikan dan lestarikan. 



Dengan telah dinormalisasi sungai maka diharapkan banjir tidak lagi dialami oleh masayarakat ke depannya. Dihimbau kepada semua masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Hal ini diutarakan Bupati Sergai H.Darma Wijaya disela-sela berlangsungnya kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 tingkat Propinsi Sumatera Utara (Sumut) dipusatkan di Dusun 1 Kampung Manggis Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (22/6/2022).


Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis Edy Rahmayadi mengatakan “Perlakuan manusia yang kenyataannya masih kejam kepada bumi sebagai tempat tinggal.” Buktinya, masih ada pengrusakan hutan, sampah bertebaran dimana-mana, laut tercemar sehingga banyak ikan yang punah dan perlakuan lain yang merusak. Padahal, kita sangat bergantung kepada lingkungan , "tegas Nawal Lubis. 

Nah, pada kesempatan ini ia mengajak seluruh TP PKK di desa-desa menjadi ujung tombak pelestarian lingkungan di sekitar. 


Nada yang hamper sama disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Sumut dr Tengku Amri Fadli MKes yang juga Ketua Panitia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang memfasilitasi lokasi dilaksanakannya peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat propinsi tahun 2022 ini. 



Menyambut Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 bertema 'Satu bumi untuk masa depan' ini, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan di beberapa daerah di Sumut seperti, pemberian bantuan tong sampah, aksi penanaman 1000 pohon, aksi reboisasi hutan Mangrove, aksi cuci sungai dengan ecoenzyme, penanaman pohon Manggis serta pelaksanaan seminar nasional. 


Kegiatan ini turut dihadiri, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hj. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Saragih, mewakili Kapolres, mewakili Dandim 0204/DS, BNN, Kadis LH Sergai, Binjai dan Tebingtinggi, tokoh masyarakat Drs. Haris Fadillah MSi serta tim normalisasi Sungai Belutu. (R-03 ) 


Teks Foto : Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan tong sampah kepada Ketua TP PKK Sergai H Rosmaida Saragih disaksikan oleh Bupati Sergai H.Darma Wijaya dan Kadis Lingkungan Hidup Sumut dr. Amry Fadli,Rabu (22/6/2022).

0 Comments