Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Berikut Pengakuan Wahyu Setiawan soal Suap Harun Masiku di Sidang Etik DKPP

Responsive Ad Here


Jakarta. Media Swara Semesta(16/1/2020)- Komisioner KPU Wahyu Setiawan menjalani sidang kode etik yang diselenggarakan Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP). Sidang tersebut digelar di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/1), karena Wahyu Setiawan berstatus seorang tersangka.

Wahyu Setiawan menjadi tersangka karena diduga menerima suap dari eks Caleg DPR Dapil I Sumsel dari PDIP, Harun Masiku. Suap terkait pengupayaan Harun Masiku menjadi anggota DPR melalui jalur pergantian antar waktu (PAW).

Padahal, sesuai UU Pemilu, KPU sudah memutuskan pengganti Nazarudin Kiemas sebelum pelantikan anggota DPR terpilih adalah Riezky Aprilia. Riezky merupakan pemilik suara terbanyak kedua di dapil Sumsel I, sedangkan Harun Masiku berada di urutan keenam.

Dalam sidang DKPP, Wahyu Setiawan duduk sebagai pihak teradu. Sidang dihadiri pimpinan DKPP, Bawaslu, dan KPU.

Berikut enam pengakuan Wahyu Setiawan di sidang etik DKPP:

1. Wahyu Setiawan Mengaku di Posisi Sulit

Wahyu Setiawan menyebut dalam posisi sulit di kasus pengupayaan Harun Masiku menjadi anggota DPR. Sebab, dia mengenal tiga orang dari PDIP yang diduga terlibat dalam pengupayaan tersebut.

"Saya dalam posisi sulit karena orang-orang itu, ada Mbak Tio (Agustiani Tio), ada Mas Saeful, ada Mas Donny, itu kawan-kawan saya. Saya sudah jelaskan saya tidak pernah aktif di organisasi itu (diduga organisasi terkait PDIP)," ucap Wahyu dalam persidangan.

Agustiani Tio adalah penghubung antara pemberi suap dengan Wahyu Setiawan. Saeful adalah penghubung caleg Harun Masiku dengan Agustiani Tio. Sementara Donny juga penghubung dalam kasus ini. Ketiganya kader PDIP, Tio dan Saeful sudah jadi tersangka.

2. Wahyu Setiawan Tak Kenal Harun Masiku

Wahyu Setiawan mengaku tak mengenal penyuapnya, Harun Masiku. Dia mengatakan belum pernah berkomunikasi dengan eks caleg PDIP itu.

"Saya belum pernah berkomunikasi dengan Harun. Kenal (Harun) juga tidak, tapi saya tahu dia caleg," ujar Wahyu Setiawan.

Dia mengaku meminta bantuan Ketua KPU Arief Budiman, jika mengenal Harun, untuk menyampaikan permintaan PDIP soal penggantian Riezky Aprilia dengan Harun tidak bisa dilakukan.

"Karena gelagatnya tidak enak saya sampaikan kepada Ketua (Arief Budiman). Kalau ketua bisa komunikasi dengan Harun tolong disampaikan bahwa permintaan PDIP itu tidak bisa," ucapnya.

3. Sebut Ada 3 Eks Caleg PDIP Jadi Makelar PAW

Makelar, istilah itu diutarakan Wahyu Setiawan dalam sidang kode etik. Dia mengatakan ada tiga makelar terkait PAW Harun Masiku.

Ketiganya adalah eks caleg PDIP, yaitu Agustiani Tio, Saeful dan Donny. Sebab, dia menilai, mereka ngotot memperjuangkan Harun Masiku sebagai anggota DPR, padahal tak memenuhi syarat.

"Yang saya maksud (makelar) itu 3 orang yang menemui saya. Karena saya menyampaikan ini (PAW Harun) tidak mungkin. Tetapi ada orang-orang yang mmperjuangkan dengan berbagai ulah. Itu makna makelar yang sama sampaikan kepada Ketua (Arief)," jelas Wahyu Setiawan.(dvc)


0 Comments