Mengaku Dibegal untuk Untuk Menghindari Setoran Hasil Jual Durian


Media Swara Semesta (27/1)
Seorang penjual durian di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, berinisial IW (32) harus berurusan dengan aparat kepolisian.

IW diduga membuat laporan palsu setelah dia mengaku dibegal dan uang hasil penjualan duriannya dirampas.

"Laporan yang dia buat itu diduga palsu. IW kemudian mengaku merekayasa laporan untuk menghindari setoran hasil penjualan durian," ujar Kasatreskrim Polres Sambas, AKP Prayitno, Senin (27/1/2020) pagi.

Menurut Prayitno, kasus tersebut bermula pada Senin (20/1/2020), saat itu IW mendatangi Polsek Paloh dan membuat laporan bahwa dia telah dibegal.

Namun, dalam proses penyelidikan, kejadian tersebut tidak pernah terjadi dan hanya rekayasa.

Prayitno mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Paloh karena dari awal sudah dicurigai bahwa laporan ini tidak benar.

"Kita melakukan beberapa langkah bahkan akhirnya tersangka mengakui bahwa yang dilaporkannya adalah kebohongan atau rekayasa," ungkap Prayitno.

Pihaknya akan menjalankan proses hukum terhadap tersangka agar menjadi pembelajaran untuk yang lain, supaya tidak membuat laporan palsu yang meresahkan masyarakat.

Prayitno mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuat laporan palsu dengan alasan apapun, karena pihak kepolisian pasti akan melakukan penyelidikan.

"Karena jika terbukti membuat laporan palsu, maka terancam hukum pidana," tegas Prayitno.

Prayitno juga meminta kepada seluruh masyarakat Kecamatan Paloh dan sekitarnya tetap beraktivitas seperti biasa.

Peristiwa begal yang sempat viral menjadi pembicaraan warga ternyata hanya rekayasa.

"Masyarakat harus tetap tenang. Jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar," kata Prayitno.

Atas tindakanya, tersangka akan dijerat pasal 242 KUHP tentang sumpah palsu atau keterangan palsu dengan ancaman hukum penjara tujuh tahun. K
Mengaku Dibegal untuk Untuk Menghindari Setoran Hasil Jual Durian Mengaku Dibegal untuk Untuk Menghindari Setoran Hasil Jual Durian Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 26.1.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.