Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Presiden Jokowi Heran dan Keluhkan Ada Durian Mahal, Rasa Tak Enak

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (13/3)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan kualitas buah durian di dalam negeri. Ia menyebut ada durian dengan harga mahal, namun rasanya tidak enak. Tidak heran, durian asal Indonesia belum bisa memenuhi pasar ekspor, khususnya untuk China.

Ia bercerita sempat membelikan durian dengan harga yang tak murah untuk sang istri sebagai kado ulang tahun. Namun, setelah dicicipi, rasanya tidak enak.

"Permintaan dari China besar sekali. Tapi, durian dari Indonesia itu ada yang enak, ada yang tidak enak, campur-campur. Saya pernah beli durian mahal, harga mahal, barang saya lihat bagus, tapi rasa tidak enak," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (12/3).

Karenanya, Jokowi berharap kepada petani, khususnya yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), untuk membenahi kualitas produksi durian di dalam negeri. Sebagai contoh, memperbaiki proses pembibitan agar lebih baik dari sebelumnya.

"Ini harus ada sebuah manajemen yg bagus di lahan yang luas. Dari kebun harusnya enak-enak semua, karena manajemen dan pembibitan bagus. Masa tidak bisa," tutur Jokowi.

Selain durian, ia juga mengeluhkan pasokan manggis yang tidak sesuai dengan harapan pasar. Jokowi lagi-lagi menyayangkan hal ini, karena ada banyak permintaan dari Timur Tengah, Eropa, dan Tiongkok.

"Tapi barangnya tidak ada. Harusnya kan ada. Dari HKTI hanya satu atau dua (petani) yang memiliki kebun manggis, ya memang tidak perlu banyak-banyak, tidak perlu 100 ribu hektare (ha), tapi 5 ribu ha cukup," jelas Jokowi.

Menurutnya, hanya sedikit petani yang menggarap kebun manggis dan durian. Sementara, mayoritas petani justru memilih mengembangkan kebun karet dan sawit karena dinilai lebih menguntungkan.

"Nanti kalau pas harganya turun kayak sekarang. Harga karet turun, sakit bareng-bareng. Beberapa tahun lalu sawit juga harga turun, sakitnya bareng-bareng," kata Jokowi.

Ia meminta petani di Indonesia juga mengembangkan kebun yang berisikan buah tropis, seperti manggis dan durian. Hal ini agar produksi di sektor pertanian juga lebih merata.

"Buah tropis kan diminati negara-negara lain tuh banyak," pungkas Jokowi.***(Cnv/an)

0 Comments