Muhasabah Diri Tentang 7 Manusia yang Dicintai Allah, Semoga Kita Bagian dari orang yang dicintai-Nya


Media Swara Semesta (13/6)
Al-Qur’an memuat berbagai pedoman hidup selanjutnya Allah menurunkan Al-Qur’an dengan tujuan tersebut sehingga menjamin bahwa tak ada keraguan yang hadir di dalam Al-Qur’an.

Salah satu firman Allah dalam Al-Qur’an yang bisa menuntun kita menjadi umat Muslim yang baik adalah tentang beberapa hamba yang dicintainya. Hamba-hamba tersebut akan selalu mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah, baik di dunia maupun akhirat.

Siapakah tujuh manusia yang disukai Allah dalam Al-Qur’an itu :
1. Orang yang bersabar
Sabar merupakan sebuah sikap di mana seseorang sanggup menahan emosi atau keinginan, serta bisa bertahan dalam situasi yang sulit tanpa mengeluh. Allah menyukai orang-orang yang bersabar dan akan selalu memberikan pertolongan kepada mereka.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 153.
“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

2. Orang yang bertobat
Sebagai manusia yang tak bisa luput dari dosa, hendaknya kita selalu bertobat kepada Allah agar diampuni segala perbuatan cela yang telah kita lakukan. Dengan bertobat, artinya kita berkomitmen untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut di kemudian hari.

Firman Allah yang menyebutkan bahwa Allah menyukai orang yang bertaubat terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 222.
“Allah menyukai hamba-hamba-Nya yang bertobat dan menyukai hamba-hamba-Nya yang menyucikan diri.”

3. Orang yang bertakwa
“Maka Sungguh, Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang bertakwa.” (QS Ali Imran: 76)

Allah menyukai orang-orang yang selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Hal yang membedakan derajat seseorang di hadapan Allah juga dinilai dari ketakwaannya.

4. Orang yang adil
Kita mungkin sering melihat hal-hal yang tidak adil ada di dunia ini. Sebagain insan Muslim, tentunya kita bisa menjadi seseorang yang menegakkan keadillan karena Allah menyukai hamba-hambanya yang adil.
Hal ini disebutkan dalam surah Al-Maidah ayat 42, “Sesungguhnya Allah menyukai hamba-hamba yang adil.”

5. Orang yang berbuat kebaikan
Banyak sekali hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menuju kebaikan. Mulai dari diri sendiri seperti mengerjakan perintah Allah hingga berbuat baik kepada sesama, seperti tolong-menolong.

Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 195, “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

6. Orang yang bersih
Terdapat pepatah bahwa kebersihan adalah sebagaian dari iman. Pepatah ini mungkin ada benarnya karena Allah sangat menyukai orang-orang yang bersih. Saat hendak menghadap kepadanya, kita juga diperintahkan untuk menyucikan diri seperti berwudu.

Firman Allah mengenai hal ini terdapat pada surah At-Taubah ayat 108, “Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

7. Orang yang mengikuti Rasulullah*
Rasulullah merupakan sosok panutan bagi umat Muslim. Segala hal yang dilakukannya akan ditiru. Hal ini selaras dengan ayat Al-Qur’an dalam surah Ali Imran ayat 31, “Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Itulah tujuh orang yang disukai oleh Allah Swt, semoga kita selalu menjadi orang-orang yang dicintai oleh Allah sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Aamiin
Muhasabah Diri Tentang 7 Manusia yang Dicintai Allah, Semoga Kita Bagian dari orang yang dicintai-Nya Muhasabah Diri Tentang 7 Manusia yang Dicintai Allah, Semoga Kita Bagian dari orang yang dicintai-Nya Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 12.6.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.