Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Embuskan Kolom Abu Hingga Setinggi 4 Ribu Meter, di Himbau Selalu Gunakan Masker

 

Media Swara Semesta (20/8/2020)

Karo- Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi, Rabu (19/8/2020) malam.

“Erupsi terajdi pukul 18:18 WIB. Erupsi membentuk kolom letusan dengan ketinggian hingga 4 ribu meter dari puncak gunung atau sekira 6460 mdpl,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Armen menyebutkan, kolom abu yang terbentuk berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan condong ke arat timur dan tenggara.

Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 100 mm dan durasi 708 detik.

Dengan kondisi Gunung Sinabung berstatus Level III (Siaga), masyarakat direkomendasikan tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis,” sebut Armen.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

(dgr/an)

Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Embuskan Kolom Abu Hingga Setinggi 4 Ribu Meter, di Himbau Selalu Gunakan Masker Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Embuskan Kolom Abu Hingga Setinggi 4 Ribu Meter, di Himbau Selalu Gunakan Masker Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 19.8.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.