Erupsi Kembali, Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyebar ke Aceh

Media Swara Semesta (2/3/2021),

Erupsi Gunung Sinabung pada Selasa (2/3/2021) tak hanya berdampak pada kondisi udara di Kabupaten karo, Sumatera Utara. Sebaran abu vulkanik juga terbawa angin hingga ke sejumlah wilayah di Provinsi Aceh.

“Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terbawa ke Provinsi Aceh,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo hari ini tercatat mengalami erupsi luncuran awan panas disertai material sejauh 5.000 meter.

Selain mengeluarkan abu vulkanik, Gunung Sinabung juga memuntahkan awan panas sejauh 4.500 meter ke Tenggara dan Timur.

“Abu vulakni sudah mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan,” katanya.

Oleh sebab itu, BMKG Kelas I Aceh Besar mengimbau masyarakat di wilayah Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar debu asap vulkanik agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

“Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi,” tambah Zakaria Ahmad.

Diberitakan, 2 Kecamatan di Kabupaten Karo dilanda hujan abu vulkanik.

“Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh terkena dampak dari hujan abu,” ujar Kalaksa BPBD Karo Natanail Peranginangin melalui pesan singkat.

Dikatakannya, sedikitnya 17 desa di Tiganderket terkena dampak abu vulkanik, sedangkan sebagian lagi desa yang berada di Kecamatan Kutabuluh.

“17 desa di Kecamatan Tiganderket, dan sebagian di Kecamatan Kutabuluh,” katanya.

Saat ini aktifitas erupsi Gunung Sinabung masih berlanjut. Warga yang masih terkena dampak masih bertahan dirumah dengan harapan agar hujan abu vulkanik segera berakhir. Pihak BPBD juga melakukan operasional pembersihan terhadap dampak dari abu vulkanik.

Natanail menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah mengingat aktivitas erupsi Gunung Sinabung masih berlangsung. Apabila ingin berpergian keluar rumah, tetap menggunakan masker.

“Agar tidak masuk ke zona merah Sinabung, warga yang terdampak abu vulkanik dihimbau mengurangi aktifitas di luar, dan tetap memakai masker,” imbuhnya.


(dgr/an)

Erupsi Kembali, Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyebar ke Aceh Erupsi Kembali, Abu Vulkanik Gunung Sinabung Menyebar ke Aceh Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 2.3.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.