Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

11 Kabupaten dan Kota di Sumsel Rawan Longsor dan Banjir, ini Kata BPBD

Responsive Ad Here

Berita Gambar

Media Swara Semesta (23/11/2021)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pemetaan daerah rawan bencana. Dari 17 kabupaten dan kota, enam kabupaten rawan longsor dan lima lainnya rawan banjir. 

"Enam daerah yang dipetakan rawan bencana tanah longsor dari 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini, yakni Kabupaten Lahat, Empatlawang, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, dan Lubuklinggau," kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, Senin (22/11/2021).

Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana itu diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman tanah longsor sehingga dapat diminimalkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Untuk membantu masyarakat dan mencegah terjadinya gangguan aktivitas serta transportasi umum jika terjadi tanah longsor, pihaknya didukung pemerintah daerah setempat menyiagakan sejumlah alat berat di daerah rawan bencana itu sejak awal musim hujan.

"Menyiapkan alat berat di daerah rawan longsor sangat penting untuk mencegah terganggunya jalan akses ke suatu desa, kecamatan, bahkan antarkabupaten dan provinsi jika terjadi tanah longsor," ujarnya.

Sejumlah daerah di Sumsel yang dipetakan rawan banjir, yakni berada di bantaran sungai dan memiliki banyak rawa, seperti Kota Palembang, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

"Dengan mengetahui kondisi suatu daerah rawan bencana longsor dan banjir, dapat dilakukan berbagai tindakan pencegahan dan persiapan penanggulangan sehingga bisa dihindari timbulnya banyak korban dan kerugian harta benda," kata Iriansyah.


(red)

0 Comments