Pemkab Rohul Matangkan Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 Lintas Sektor Pejabat Forkompimda dan OPD

Media Swara Semesta (19/1/2021),

Rokan Hulu- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terus memaksimalkan persiapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang rencananya digelar bulan Februari mendatang.  Mematangkan  persiapan Pemkab Rohul gelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektor membahas pelaksanaan vaksinasi covid-19. senin (18/1/2021).

Rakor digelar di aula pertemuan lantai 3 kantor bupati Rohul, dipimpin Sekda Rohul Abdul Haris. juga hadir Kapolres Rohul AKBP Taufik Lukman Nurhidayat, Plt Kajari Rohul Silpia Rosalina, Dandim 0313 KPR yang diwakili Kapten INF Kasmir dan Kepala Kantor Kementerian Agama Rohul Syahrudin.

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr. Bambang Triono, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Rohul Ivo Sartika, Kepala Badan dan kantor di lingkungan Pemkab Rohul serta Ketua dan Perwakilan Organisasi Profesi Kesehatan di Rohul seperti IDI, IBI dan PPNI.

Sebelum rakor dimulai, Sekda Rohul Abdul Haris mengajak ke seluruh peserta rapat untuk mendoakan Syafri Maldi, Kepala Puskesmas Rambah yang meninggal dunia saat penyembuhan pasca terinfeksi virus Covid19.

Sekda juga mengajak seluruh OPD agar menjadi duta mengkampanyekan protokol kesehatan ke masyarakat dan Juga Vaksinasi. Sekda meminta ke ASN khususnya tenaga kesehtan untuk tidak beropini sehingga membuat keraguan di tengah masyarakat.

"Kini banyak informasi hoax yang beredar sehingga memicu pro kontra terhadap vaksin. untuk itu mari kita luruskan informasi itu, Vaksinasi ini adalah  Ikhtiar Pemerintah kurangi angka kesakitan dan kematian akibat covid 19. tidak akan mungkin pemerintah punya tujuan membinasakan warganya," terang Sekda.

Sekda juga mengakui, dirinya jadi orang yang pertama di rohul yang akan disuntik vaksin sinovac. Hal itu untuk membuktikan bahwa vaksin ini benar-benar aman.

"vaksin sudah melalui serangkaian uji. bahkan pak presiden sendiri langsung menjadi orang pertama yang di suntik," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr Bambang Triono mengatakan, Vaksinasi di Kabupaten Rohul masuk dalam tahap 1 Termin 2. Tahap Pertama ini sasaran utama Vaksin adalah tenaga kesehatan.  

Bambang mengaku, dari 2.300 tenaga medis yang ada di Rohul, 580 yang akan disuntikan Vaksin Sinovac. Selain rakor lintas instansi pada tanggal 20-29 januari 2021 diskes Rohul akan melaksanakan sosialisasi vaksinasi di tingkat kecamatan.

"Alokasi vaksin untuk Rohul sebanyak 4.280 Vial, sementara distribusi vaksin masih menunggu instruksi pusat. makanya kita manfaatkan waktu yang ada untuk matangkan persiapan," ujar Bambang.

Selain itu kata Bambang, Diskes pada tanggal 19-29 Januari juga akan mulai mendistribusikan logistik APD ke Fasyankes yang ditunjuk sebagai pelaksana penyuntikan vaksin.

"Nantinya 22 Puskesmas yang jadi tempat imunisasi juga sudah mempunyai cold chain dan vaccine Carrier dengan kondisi baik. 4 rumah sakit rujukan pelaksanaan vaksinasi juga sudah mempunyai lemari es dan vacine carrier dengan kondisi baik," ungkpanya. 


(Adv/ Pemkab Rokan Hulu).

Pemkab Rohul Matangkan Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 Lintas Sektor Pejabat Forkompimda dan OPD Pemkab Rohul Matangkan Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 Lintas Sektor Pejabat Forkompimda dan OPD Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 18.1.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.